Selasa, 12 November 2013

apa peren asam nukleat bagi makhluk hidup?


Lab Biologi Universitas Ottow Geissler Papua
 Asam nukleat merupakan molekul besar yang membawa sejumlah besar rincian kecil (semua informasi genetik). Asam nukleat ditemukan di setiap makhluk hidup - tanaman, hewan, bakteri, virus, jamur - yang menggunakan dan mengubah energi. Setiap makhluk hidup memiliki kesamaan.

Orang, hewan, tumbuhan, dan semua dihubungkan dengan materi genetik. Setiap makhluk hidup dapat terlihat berbeda dan bertindak berbeda, tapi pada dasarnya (cara yang jauh di dalam inti sel) makhluk hidup mengandung bahan kimia yang sama, "bahan" yang membentuk materi genetik sangat mirip.

Ada dua jenis asam nukleat: DNA (yang merupakan singkatan dari asam deoksiribonukleat) dan RNA (yang merupakan singkatan dari asam ribonukleat). Asam nukleat terdiri dari untaian nukleotida, yang terdiri dari basa yang mengandung nitrogen (disebut basa nitrogen), gula yang mengandung molekul lima karbon, dan asam fosfat.

Komposisi genetik Anda secara keseluruhan, kepribadian, bahkan mungkin kecerdasan bergantung pada molekul yang mengandung senyawa nitrogen, gula, dan asam. Basa nitrogen adalah molekul yang salah satunya disebut purin atau pirimidin.

Purin termasuk

  • Adenin
  • guanin
Pirimidin meliputi
  • sitosin
  • Timin (pada RNA)
  • Urasil (dalam DNA)
  • Asam deoksiribonukleat (DNA)
DNA berisi dua helai nukleotida diatur dalam cara yang membuatnya tampak seperti tangga memutar (disebut double helix). Basa nitrogen yang membangun DNA yang double-helix atas adalah adenin (A), guanin (G), sitosin (C), dan timin (T). Gula yang ada di komposisi DNA adalah 2-deoksiribosa.

Adenin selalu berpasangan dengan timin (AT), dan guanin selalu berpasangan dengan sitosin (GC). Basa ini diselenggarakan bersama oleh ikatan hidrogen, yang membentuk "anak tangga" dari "tangga memutar." Sisi tangga terbuat dari molekul gula dan fosfat.

Bagian tertentu dari basa nitrogen sepanjang untai DNA membentuk gen. Gen adalah unit yang berisi informasi genetik atau kode untuk produk tertentu dan mengirimkan informasi turun-temurun ke generasi berikutnya.

Tapi gen tidak hanya ditemukan dalam sel-sel reproduksi. Setiap sel dalam organisme mengandung DNA karena DNA juga kode untuk protein yang dihasilkan organisme. Dan protein mengontrol fungsi sel dan menyediakan struktur. Jadi, dasar kehidupan yang terjadi di setiap sel.

Setiap kali sebuah sel baru dibuat dalam suatu organisme, materi genetik direproduksi dan dimasukkan ke dalam sel baru. Sel baru dapat membuat protein dalam dirinya sendiri dan juga menyampaikan informasi genetik ke sel baru berikutnya.

Urutan basa nitrogen pada untai DNA (atau di bagian DNA yang terdiri dari gen) menentukan asam amino yang dihasilkan. Dan agar asam amino yang dirangkai menentukan protein dihasilkan. Protein yang diproduksi menentukan elemen struktur apa yang diproduksi dalam tubuh Anda (seperti, jaringan otot, kulit, atau rambut) atau fungsi apa yang bisa dilakukan (misalnya, jika hemoglobin yang diproduksi untuk mengangkut oksigen ke semua sel).

Asam ribonukleat (RNA)
Basa nitrogen yang menggunakan RNA adalah adenin, guanin, sitosin, dan urasil (selain timin). Dan, gula dalam RNA adalah ribosa (bukan 2-deoksiribosa). Mereka adalah perbedaan utama antara DNA dan RNA.

Pada kebanyakan hewan, RNA bukanlah materi genetik utama. Banyak virus - seperti human immunodeficiency virus (HIV) yang menyebabkan AIDS - mengandung RNA sebagai materi genetik mereka. Namun, pada hewan, RNA bekerja bersama dengan DNA untuk menghasilkan protein yang dibutuhkan seluruh tubuh.

Misalnya, RNA memiliki tiga subtipe utama: RNA messenger (mRNA), RNA transfer (tRNA), dan RNA ribosomal (rRNA). Semua tiga dari subtipe yang terlibat dalam sintesis protein.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar